Berita 

Delsius Terpilih Menjadi Ketua BPAN SULTENG

Dalam rangka membangkitkan gerakan pemuda adat, Barisan Pemuda Adat Nusantara Sulawesi Tengah (BPAN SULTENG) menggelar Jambore Wilayah kedua (Jamwil II) pada 30 April 2019. Jambore kali ini dilaksanakan di Graha Mulia, Kota Palu yang dihadiri oleh 25 pemuda/pemudi adat perwakilan dari 11 daerah di Sulawesi Tengah.

Kegiatan dibuka oleh Ketua BPH AMAN Sulteng, Asran DG Patompo. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa BPAN merupakan ujung tombak dalam gerakan masyarakat adat, khususnya di Sulawesi Tengah.

“Pemuda adat harus berada dalam barisan terdepan dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat adat. Saya mengaharapkan kepada pengurus BPAN SULTENG yang terpilih nanti dapat berkoordinasi dengan AMAN Wilayah”, kata Asran.

Agenda utama dalam Jamwil II ini adalah pemilihan ketua BPAN SULTENG. Sejak Jambore Nasional BPAN di kalimantan tahun lalu, BPAN SULTENG belum melakukan pergantian pengurus.

Proses pemilihan pun berjalan lancar, meskipun sampai malam hari. Sidang dipimpin oleh Joko Sunarto sebagai Dewan BPAN region Sulawesi.

Dimulai dengan diskusi ditingkat komunitas yang dibagi berdasarkan 5 wilayah kerja damanwil yaitu: (1) Wilayah Kamalisi, Kulawi, (2) Wilayah Parimo, Togian, (3) Wilayah Bangkep, Balut, Tompoika, dan Banggai (4) Wilayah Pamona, Tampo Bada, Tampo Lore, (5) Wilayah Dondo dan Taa Wana Raya.

Dari proses tersebut muncul 3 nama calon yaitu Delsius, Cindy dan Delfy. Kemudian ketiga calon diminta untuk musyawarah mufakat diantara mereka. Hasilnya, Delsius dari komunitas adat Ngata Toro terpilih menjdai Ketua BPAN SULTENG periode 2019-2021.

Dalam sambutannya, Delsius menyampaikan terimakasih kepada peserta Jambore yang telah memberikan kepercayaan kepada dia untuk memimpin BPAN SULTENG. Kedepan, dia mengatakan bahwa segera mensosialisasikan organisasi dan mengajak pemuda/pemudi di Sulawesi Tengah untuk bergabung.

“Saya juga mohon dukungannya dari teman-teman semua agar sama-sama di BPAN SULTENG. Saya harap organisasi ini jangan hanya selesai di Jamwil, tetapi harus ada kelanjutan dalam bentuk kegiatan-kegiatan pemberdayaan untuk pemuda adat. Setelah ini kita akan melakukan pembentukan struktur organisasi” jelasnya.

Joko Sunarto, selaku Dewan Region Sulawesi menaruh harapan besar kepada ketua BPAN terpilih untuk memimpin dan membesarkan organisasi serta membangun jaringan seluas-luasnya untuk kemajuan organisasi.

“Delsius adalah orang yang tepat. Walaupun selama ini kerja-kerja BPAN SULTENG belum terlihat tetapi secara pribadi Delsius sudah banyak melakukan kerja nyata di komunitas. Selama ini dia aktif menjadi relawan AMAN SULTENG dalam tanggap darurat bencana di Kabupaten Sigi” Jelas Joko.

Penulis

Arman Seli (Infokom AMAN Sulteng)

Related posts

Leave a Comment